Monday, August 20, 2012

Tanah Abang


Pasar Regional Tanah Abang/Tanah Abang Regional Market

Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan dari beberapa sumber, Pasar Regional Tanah Abang yang sudah berdiri sejak tahun 1735 adalah merupakan Pusat Perdagangan Tekstil terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Sebelum tahun 2003, wilayah pasar terbagi menjadi 3 area yaitu Metro Tanah Abang, Tanah Abang Lama, and Tanah Abang AURI.  Pada Februari tahun 2003 terjadi kebakaran besar yang menghanguskan hampir semua bangunan. Sisa bangunan yang masih berdiri adalah blok B, C dan D, sedangkan blok A sudah tidak layak pakai lagi dan langsung dirobohkan. Blok B, C, dan D yang pondasinya juga sudah tidak kuat lagi juga di robohkan setahun kemudian. Ditempat inilah mulai didirikan Blok A yang selesai pada tahun 2005, dan Blok B yang selesai akhir tahun 2010. Pembahasan mengenai pasar ini mungkin belum jelas ujungnya/akhirannya karna informasi disini merupakan hasil perburuan dan pengalaman saya yang hanya kurang lebih 4 bulan menjelajahi, jadi kemungkinan besar informasi ini akan diralat, diedit dan ditambah seiring dengan berjalannya waktu dan kesempatan saya untuk kembali .:)

Lokasi Pasar Regional Tanah Abang adalah di jalan KH. Mas Mansyur 10250.

Ada beberapa bangunan yang saya ketahui yang letaknya tidak berjauhan satu sama lain dinamai dengan Blok A sampai dengan Blok F (dalam bentuk kios-kios untuk pembelian dalam jumlah eceran dan grosir), Metro Pusat Grosir (kios kios dengan hanya penjualan grosir), Pertokoan Blok AA dan Blok BB /Kompleks ex kav AURI)/ pertokoan Ruko Alfa (pertokoan dengan penjualan dalam jumlah besar atau partai), Pasar Kaki Lima Kebon Dalam/gang depan Kelenteng (penjualan dengan sistem eceran dan kiloan), pertokoan Jembatan Tinggi (Tanah Abang Bukit).

Gedung Blok A
Lokasi: Terletak berdampingan dengan Blok B, berlantai 8 dimulai dari Lantai B1 sampai dengan Lantai 8, terdiri dari Los A sampai dengan Los H
Kondisi gedung dan kios: Terawat dan Full AC
Kondisi Toilet : Sedikit terawat. Tetap disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Dari lantai B1 sampai lantai 7 terdapat  kios-kios yang  menjual pakaian jadi anak-anak sampai dewasa, pakaian muslim sampai pakaian kerja, tas-tas, aksesoris, bedcover & seprei, gordyn dan taplak meja, sandal dan sepatu dll. Bahan bahan pakaian produk lokal atau impor dapat ditemui hanya dilantai B1-B2 saja.
Penjualan pakaian jadi  adalah  secara grosir. tapi bukan berarti tidak dapat dibeli secara eceran, hanya saja harga akan jauh lebih mahal. Sementara penjualan bahan-bahan pakaian adalah secara meteran/yard. Dilantai 8 terdapat Food Court makanan lokal dan juga restoran franchise
Toko bahan pakaian yang direkomendasi adalah :
Dahlia Textile (B2, Los F), koleksi terbanyak bahan Yoryu dan Sifon, Tekstil Suryadi (B2, Los B), koleksi semua bahan katun lokal dan impor, Nadiratex (B2, Los B), koleksi bahan kebaya dan gamis lokal dan impor (india/malaysia)
Toko SURYADI

Gedung Blok B
Lokasi: Terletak berdampingan dengan Blok A, berlantai 5 dimulai dari Lantai B1-Lantai 5, Los A-Los H
Kondisi gedung dan kios: Terawat dan Full AC
Kondisi Toilet : Sedikit terawat. Tetap disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Barang-barang yang dijual sama dengan Blok A, hanya saja di blok B lebih banyak barang yang dijual secara eceran.

Gedung Blok C
Lokasi : Terletak diseberang (sebelah kanan) blok B
Kondisi gedung dan kios: belum dijelajahi :)
Blok C merupakan gedung pertokoan yang digabung dengan pasar traditional.


Gedung Blok D
Belum dijelajahi :)

Gedung Blok E
Belum dijelajahi :)

Gedung Blok F
Gedung blok F terbagi menjadi Blok F Lama dan Blok F Baru (F2) yang bangunannya berdampingan.
Lokasi: Gedung blok F dan F2 terletak dibelakang Gedung Blok A dan Blok B.
Terus saja berjalan lurus dari lobby utama blok A ke arah belakang dimana terdapat pintu penghubung. Yang akan ditemui pertama adalah blok F Lama, apabila berbelok ke arah kanan dan berjalan lurus akan menemui blok F2.

Gedung Blok F lama
Lokasi : Tepat dibelakang Blok A dan Blok B
Kondisi gedung dan kios: Tidak Terawat, Tidak Ber-AC
Kondisi Toilet : Tidak terawat. Amat disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Adalah merupakan salah satu gedung rangkaian Pasar Tanah Abang lama yang ada sebelum berdirinya Blok A-B pada tahun 2005 dan 2010. Blok F lama juga terdiri dari beberapa lantai. Dilantai dasar terdapat toko-toko seprei, bedcover dan selimut, baju batik, kain gordyn, taplak meja dan tutup aqua yang dibordir, dll. Sementara di lantai 2 terdapat pakain muslim dengan bordiran dan juga bahan-bahan Kaus (combed cotton) dan Jersey (cotton & synthetic blend). Mayoritas barang yang dijual di Blok F adalah pakaian Muslim, baik untuk anak maupun dewasa. Untuk pembelian tetap harus secara grosir dengan minimal 2 -3 buah per model. Selisih harga busana/kerudung muslim antar Blok A dan Blok F cukup lumayan. Misal saja, kerudung Chiffon tipis yang di blok A dijual 10 rb per satuan, di blok F hanya 15 rb per 2 buah.

Gedung Blok F Baru (Blok F2)
Lokasi : di belakang blok F lama.
Kondisi gedung dan kios: Sedikit Terawat, Ber-AC
Kondisi Toilet : Tidak terawat. Amat disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Adalah gedung yang dibangun setelah Blok F Lama. Dilantai dasar bertebaran toko-toko bahan Tile, Organdi dan bahan-bahan puring, toko asesoris, dan toko jilbab/kerudung, baju koko dan peralatan sholat.
Dilantai 2, terdapat toko-toko peralatan jahit lengkap/alat-alat konveksi, toko label, toko kancing, toko bahan katun lokal, satin dan Flannel Cotton (Kain Kapas), toko bahan Felt, toko bahan puring (hero, double haicon dll.), toko tas dan kantong plastik dan yang paling mendominasi adalah toko aksesoris baju & aplikasi payet.

Gedung Pusat Grosir Metro Tanah Abang
Lokasi : Diseberang jalan (seberang Blok A-B) terdapat Gedung Pusat Grosir Metro Tanah Abang berlantai 6. Untuk mencapainya hanya melewati jembatan yang tertutup dengan anak tangga tepat didepan Blok B.
Kondisi gedung dan kios: Sedikit terawat
Kondisi Toilet : Tak terawat. Disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Disini pembeli ditawarkan dengan sistem harus membeli 3-4 pakaian jadi untuk mendapatkan harga termurah (harga grosir). Barang yang digrosirkan tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan di Blok A sampai Blok F yaitu seputar busana dan produk tekstil lainnya. Selain itu disini juga bisa ditemui perlengkapan produksi busana seperti kancing, resleting, aksesoris, dan sebagainya.


Pertokoan Blok AA dan blok BB (kompleks ex kav AURI) dan Pertokoan Ruko Alfa
Lokasi : Disebelah kiri Blok A
Kondisi pertokoan: Sedikit terawat
Kondisi Toilet : Tak terawat. Disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Merupakan pertokoan dengan penjualan dalam jumlah besar atau partai. Walaupun juga ada beberapa toko peralatan jahit yang menjual secara eceran.

Pasar Kebon Dalam (gang samping Kelenteng)
Lokasi : Terletak di sebelah kiri belakang dari Blok A.
Pasar berupa gang kecil dan sempit dimana pedagang kain kiloan (perca/potongan kain bahan seprei, jeans, katun flannel dll), renda, kancing dan alat alat bantu jahit lainnya berada di kiri kanan jalan. Disini juga terdapat bahan handuk, velboa, kain keras (blacu dll.), dacron isi, dacron papan dll. Semua bahan dijual kiloan atau per yard (90 cm). Harga berkisar 30 ribu-50 rb.

Pertokoan Jembatan Tinggi (Tanah Abang Bukit)
Lokasi dari mulai Jembatan Bongkaran Indah (BI)
Disini terdapat beberapa toko Mesin Jahit, Mesin Obras, Mesin Neci, Mesin Bordir dan peralatan jahit menjahit. Mesin-mesin yang dijual kebanyakan berkondisi Second atau Re-Condition. Saya membeli mesin jahit merek Singer yang Alhamdulillah dengan bentuk rupa dan kondisi mesin yang masih terbilang sangat baik. Mesin dijual hanya kepalanya saja (tidak dengan kaki seperti aslinya), namun mereka menyediakan meja sesuai ukuran dan juga dinamo yang harganya biasanya sudah termasuk dengan harga mesin jahit (1 paket).
Recommended Toko : Toko UD Barokah Putra danToko Elis, harga mesin jahit berkisar 600 rb keatas.

114 comments:

  1. Hi!
    Terima kasih for the great info. Boleh saya dimana saya boleh mencari tukang jahit di Tanah Abang yang boleh mnejahit jubah/baju dengan harga yg murah?

    Thanks
    Rafi
    fastreme@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Based on my experience, di tanah abang tidak pernah saya jumpai Penjahit. So I am sorry couldn't help you. Regards.

      Delete
    2. Apa mas Rafi bisnis gamis. Saya bisa mas by order

      Delete
    3. Mba Siti humaeroh saya usaha bikin gamis dan lg cari tukang jahit..

      Delete
    4. Mbak Raju Ratna saya bisa terima jasa jahit dg ongkos yg bisa diperhitungkan dg jahitan yg rapih

      Delete
    5. Mba kalo kain2 untuk bahan boneka dimanaya ditanah abang?

      Delete
    6. Bs hub wa saya mb 081310999992 thx u

      Delete
  2. boleh saya copas utk saya posting di blog saya sis??

    ReplyDelete
  3. hai, kalo kancing baju paling banyak pilihan di blok apa ? mendingan ke blok F baru atau ke metro tanah abang? thanks ^.^

    ReplyDelete
  4. Hi Ravina,
    Maaf baru bisa respon sekarang, untuk kancing baju saya prefer ke blok F Baru, disana banyak pilihan kancing fancy ataupun yang biasa saja.
    Thanks untuk atensinya ya...^0^

    ReplyDelete
  5. sekedar share ni bos.sy perna beli kain kiloan di jln muwardi 2d no 12 grogol. di sana juga banyak macam kain yang di jual per kilo dan per roll.Harganya lmayan murah dan kualitas oke.gak ada salah nya buat yang mau hunting kain buat pergi ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Frank, thanks ya untuk infonya..amat sangat menolong yang cari alternatif tempat kain kiloan selain di Tanah Abang dan Cipadu..^0^

      Delete
  6. hai sist susaN... ^_^

    kalau untuk kebaya jadi di lantai mana ya ???

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dini, untuk kebaya jadi banyak terdapat di lantai B1..Thanks

      Delete
  7. untuk tukang jahit ada di lntai 3 auri,. mas bro

    ReplyDelete
  8. sisss thanks for sharing info seputar tanah abangnyaa.
    sis aku mau cari bahan kain cotton combed 40s sama ribnya untuk bikin kaos2 polos tapi pakai style rancangan aku sendiri hehe. kira-kira di blok apa ya sis yang bisa eceran soalnya butuhnya paling cuma 1-4 kilogram perwarna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dien, seperti yang aku jelaskan diatas, untuk bahan2 kiloan terdapat di gang pasar kebon dalam (Samping Klenteng) yang terletak di samping kiri Gedung Blok A (dibelakang parkiran motor). Ada yang dijual di kaki lima dan ada juga yg dijual di kios,

      Delete
  9. Hi mbak, thanks for sharing ya.. kebetulan aku lg cari bahan untuk tas anak2 seperti bahan satin tebal dgn motif anak, lbh tepatnya ke tanah abang bagian mana ya? makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak loly, sorry baru sempat balas, bahan satin tebal dengan motif bisa di cari di Pasar Kebon Dalam, toko Jaya Textile (paragraph ke dua dari bawah), thanks atas atensinya..:)

      Delete
  10. Kalo cari dacron buat bad cover dmn. Ya mbak?
    Gimana sih sistemnya di tanah abang kalo mw jd langganan sehingga wlpn qt g ke jkrta ttp bs pesn barang via tlfn.Apa hhrs langgnn lama dulu? Mksh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Fify,
      Seperti yang aku tulis di atas, untuk Dacron bisa dicari di Pasar Kebon Dalam (gang depan Klenteng) ada namanya JAYA TEXTILE, menjual dacron, bahan micro, parasut, paragon, sprei, scotchlite, etc. Dacron yang dijual disitu juga ada 2 jenis; Dacron papan (isi selimut, bedcover) dan Dacron cacah (isi boneka, bantal dll), juga kualitasnya terbagi 2, yang murah agak kasar dan warna kehitaman, sementara yang mahal lebih halus dan berwarna putih. Untuk pemesanan barang sama saja dengan sistem online, bayar terlebih dahulu baru barang diikirim, lebih lanjut silahkan hubungi Bapak Yerry di 0815 10777467. Thanks buat atensinya yaaa...:)

      Delete
  11. Halo mba susan, saya mau tanya. Untuk bahan wedges, cerutti, crepe, katun rayon di blok apa yah mba, mohon rekomendasinya. Kebetulan saya mau beli dlm jmlh byk. Dan yg terahir saya mau tanya, kain kiloan lebih murah mana antara tanah abang dan cipadu? Terima kasih mba susan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak dewita,..
      Mohon Maaf yaaa baru sempat balas..^0^
      Untuk bahan3 yg ditanyakan diatas ada beberapa toko yg menjadi langganan aku ;

      Dahlia Textile :
      Letaknya diblok A lt.Basement 2 los F no. 52
      sering beli bahan crepe dan katun rayon disitu semeter 12.500 rp
      Kalau untuk kain kiloan gak tentu harganya, kadang aku beli jenis kain misalnya katun flanel di tanah abang sekilo 30 rb, di cipadu bisa 25 rb, tapi kadang2 bisa sebaliknya....jadi tergantung hoki nya hhihihi...

      Delete
  12. Mbak Susan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas informasinya. Sampai saat ini saya baru menjelajah sebatas PGMTA dan blok A. Sepanjang saya mencari info ttg tanah abang, baru blog mbak ini yg paling lengkap dan mudah dimengerti informasinya. Salut! :))

    Yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apa mbak tau tempat membuat label satin atau label katun yg biasa utk merk baju? (setau saya dijual per rol) Apa ada di tanah abang?
    2. Apa mbak tau kisaran harga mesin obras second?

    Terima kasih atas kesediaan mbak menjawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anggun,

      Thanks ya atas compliment nya...tapi artikel ini masih jauuuuhhhh dari lengkap kok...hihihihi

      Label Satin/katun biasa aku pesan di :

      Aneka Label
      Blok F2 lantai 1 EKS No.22
      (letaknya di belakang Blok A dan Blok B)
      dengan pak Ferry Saputra , 0815 875 8911

      Untuk mesin obras second atau re-condition sekitar 400-600 rb rupiah
      banyak dijual di Pertokoan Jembatan Tinggi (Tanah Abang Bukit)...
      Thanks ^o^

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Dear Anggun,

      Untuk label katun atau satin design bisa kita buat sendiri dan kita tinggal mengirimkan design via email ke pemilik toko, minimal order 1000 lusin untuk mendapatkan harga yang murah. Kisarannya dari 1000 rupiah per lusin. Hasilnya lumayan bagus kok sesuai dengan kemauan kita. Tawar menawar bisa saja dong selama make sense atau sama sama enak hasilnya hehehehe...Dan untuk lama pengerjaan hanya sekitar seminggu saja Happy hunting! Thanks ^0^

      Delete
  13. hai..hai...salam kenal yaahhh...blognya sangat bermanfaat nih kebetulan lagi mau cari kain katun bambu yang jual kiloan, kira2 mbak tau gak yah carinya di tanah abang blok apa? oia mbak sekalian mau nanya tanah abang ruko ex auri itu lokasi persisnya dimana yah? slama ini taunya cuma blok A dan blok B tanah abang aja yg gedung baru,,makasih banyak yaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi eilifur salam kenal juga yaa..
      Kalau untuk Katun Bambu karna belum pernah beli jadi gak tau wujudnya seperti apa hihihihi...tapi di Tanah Abang Blok A ada toko khusus jual aneka macam Katun (seperti saya sebutkan diatas) namanya Tekstil Suryadi (Blok A, B2 Los B No.2). Semoga ada disitu, Dan untuk RUko Ex Auri letaknya tepat di samping kiri Blok A, bisa masuk dari depan pinggir jalan raya Mas MAnsyur atau dari samping belakang depan Klenteng ada gang Kebon Dalam, disitu ada pintu (tembok yang dijebol) untuk masuk ke area ex AURI...
      Thanks untuk compliment nya yaa...^o^

      Delete
  14. Wah, salah pencet jadi komen saya di atas kehapus :S

    Mbak Susan, saya sudah ketemu toko aneka label nya di blok F2 :D Ada 3 toko label di sekitar situ, dan rata2 bisa sekalian utk membuat paper bag & tag label. Trus hasil pengamatan blok F2, ada toko2 yg jual kain juga walau ga sebanyak blok A basement. Dan byk yg jual macam2 bahan kerajinan, agak mirip pasar pagi mangga dua lt.3

    Lalu stlh sempat nyasar & salah lokasi, akhirnya ketemu juga pasar kebon dalam (gang samping klenteng). Di sana banyak jual releting, kancing, tali2an. Kemarin beli 2 pak kancing size besar eceran @rp 5000/pak. Puas bgt karena cari dimana2 susah ketemu.

    Sebenernya di pasar kebon dalam itu saya mencari jaya textile sesuai wejangan mbak Susan di atas, karena saya sedang mencari dakron silikon utk isian bantal. Akhirnya ketemu, tapi ternyata hanya jual dakron lembaran :( Ada masukan utk cari ke mana lagi ga ya, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anggun,
      Yup kamu benar di Jaya Textile sudah tidak menjual lagi dacron cacah, hanya dacron papan saja (info baru seminggu lalu saya dapatkan). Dacron cacah bisa ditemukan juga di blok F2 sebenarnya, di toko yang menjual berbagai jenis kain keras/puring, kira2 3 toko depan Aneka Label, Nama tokonya Hikmah Jaya, dacron nya digantung depan tokonya, harganya 40 ribu 1 buntelan, gak tau berapa kilo hihihihi...atau kalau mau di Asemka ajah (lihat artikel saya yang Asemka), Dacron bisa didapat di toko PD Vivi, Pasar Pagi I No.19. Telp. 021 6922396/6907126 (tanyakan dulu ada stock gak sebelum di datangi tokonya)

      Delete
    2. Dear mba anggun, boleh minta informasi nama toko yg mba maksud? Saya lagi cari aksesoris seperti sleting,tali talian dll. Terima kasih

      Delete
  15. Mbaa.. Salam kenal yaa.. Lg kumpulin info2 tuk hunting kain2.. Nemu blog mba.. Paaasss bgt.. Bnyk bgt masukannya.. Mksh yaa mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasya dear. maaf banget saya baru sempat balas...terima kasih atas atensinya yaa...

      Delete
  16. Hi, Mbak Susan, terakhir komen di sini, saya sedang mencari dakron cacah. Dan akhirnya setelah cari info sana sini ketemu juga :D Saya share infonya di sini ya, barangkali ada yg sedang cari juga

    Produk per-dakron-an bisa didapat di toko kasur di seberang kanan Blok B, persis di samping Masjid Al-Makmur. Jadi kalau dari Blok B jalan kaki saja lurus nyebrang ke arah kanan lewatin pos polisi yg menjulang tinggi, nanti ada toko2 yg menjual kurma dan masih lurus lagi sampai ketemu Masjid Al-Makmur. Di sebelahnya persiiisss ada toko Mandala, dan 2 ruko di sebelahnya ada toko Apollo Jaya

    Pertama kali saya beli di Apollo Jaya dakron cacah 1kg seharga 35.000, kualitasnya baguss lembut. Di toko ini juga ada jual bantal polos yg sudah jadi kisaran harganya 25.000/pcs. Saya tidak tanya ada produk2 lain apa lagi.

    Lalu kemarinan ini coba beli juga di Mandala. Di sini ada banyak macam pilihan dakron, harganya berbeda sesuai kualitas. Dakron yg kualitasnya tinggi ada yg 26.000/kg dan 37.500/kg tapi harus beli minimal 5kg (kemarin saya beli yg 26.000, banyaaak bgt, tapi kualitas bagus & sudah sesuai harapan saya). Utk dakron yg di bawah 26.000 ada beberapa macam harga & bisa dibeli per 1 kg. Di toko Mandala ini juga ada jual dakron lembaran dgn berbagai harga & kualitas.

    Tips: kalau masih bingung dgn petunjuk jalan yg saya beri, tanya saja ke orang2 di tanah abang "Masjid Al-Makmur di mana?". Pasti pada tahu karena masjid ini cukup terkenal di tanah abang

    Semoga bermanfaat
    Salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggun dear, waahhh thank you banget atas informasinya yaa...really appreciated...semoga sharing info bermanfaat ini tetap bisa berjalan untuk kepentingan kita semua yaa...Salam hangat..

      Delete
  17. Infonya sangat bermanfaat mbak,,,, :)

    Kalo mau jadi pebisnis pemula di bidang penyedia alat jahit aspek apa yang kira2 perlu di perhatikan,,,? Modal awalnya kira2 berapa ya mbak untuk standar toko alat jahit biasanya???? Terus ada rekomendasian untuk toko grosirnya ngga ya mbak,,,,??? Terimakasih best regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak ujang atas atensinya..
      Maaf baru saya balas sekarang..
      Untuk info yang bapak maksud saya punya rekomendasi Toko Rafly di blok F lantai 2, Pak ifriyanto akan bisa menjelaskan pertanyaan bapak seputar bisnis alat2jahit, coba add pin beliau di 217ae56f.. Sukses ya pak.

      Delete
    2. Mbk maaf ya boleh nanya no whatupnya pak indriyanto ada?

      Delete
    3. Mbk maaf ya boleh nanya no whatupnya pak indriyanto ada?

      Delete
  18. Mbak ini lengkap banget infonya..
    Terima kasih ya share nya

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sylvia dear, waduuuh ini masih kurang lengkap mbak..harusnya di update lagi...cuma belum ada waktu buat ngubek2...mudah2an pembaca blog ini bisa melengkapinya atau saling share info terbaru mengenai tanah abang..^0^

      Delete
  19. Hi susan..saya dari malaysia..mau tanya kain valentina crepe n printed chiffon dekat mana yang murah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dear Rose, Salam hangat dari indonesia.
      An sorry for the late reply. Untuk crepe dan chiffon bisa di dapatkan di Dahlia Textile :
      Letaknya diblok A lt.Basement 2 los F no. 52
      Ada crepe dan chiffon printed dan yang polos..Harga juga lumayan murah. Happy hunting!

      Delete
  20. Hai mba Susan, so far ini informasi paling lengkap tentang pasar Tanah Abang yang pernah saya temui, cihuy banget!! Saya sendiri baru sempat jelajah bolok A aja.

    Mau tanya kalau kain kanvas dan blacu katun dimana ya mba,? saya mau buat tas. di Blok A sih ada, tapi terbatas. Apakah di pasar kebon dalam itu? apakah ada rekomendasi lainnya?
    Terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dini...Thanks atas atensinya yaa..
      Iya kamu benar,kain blacu dan kain untuk isian tas bisa didapatkan di pasar kebon dalam, Di Jaya Textile atau bisa juga jalanlagi melewati jaya textile akan ketemu toko kecil yang jual anak muda kembar hihihihi...itu lengkap jualan khusus bahan pelapis tas dompet dan lain2 juga blacu dari kualitas rendah sampai yang tinggi..nama tokonya aku lupa..harus cari dulu kartu namanya hahahhaa...

      Delete
    2. buu, jaya textile tuh dimana? untuk bahan kain polyster dimana ya yang bisa ecer?

      Delete
  21. maaf mbak susan, mohon info'y...
    kalo untuk beli mesin untuk konveksi kondisi baru mending di blok F atau pasar jemabtan tinggi??? atau tempat lain...!!!
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi wahyu...untuk mesin konveksi kondisi baru yang aku tahu banyak pilihannya di pasar jembatan tinggi, ada beberapa toko kecil dan besar yang menjual baru dan second (recondition), Atau mau coba juga ke jalan Toko Tiga di Asemka (Jln. Perniagaan). Sepanjang jalan toko tiga itu terdapat toko2 jual mesin jahit juga. Thanks.

      Delete
  22. Halo mbak, aku mau tanya kalau nyari perlengkapan kerajinan tangan itu ada di sebelah mana ya??? Soalnya aku bingung #terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Kami menawarkan bahan/material untuk pembuatan aksesoris dari bahan batok kelapa.

    Menerima pemesanan dengan berbagai bentuk dan ukuran.

    Silahkan menghubungi kami apabila berminat.

    icuslove14@yahoo.co.id
    081357034465

    ReplyDelete
  24. Hi mbak Susan.. Salam kenal, saya Saleha dari Papua. Mau nanya apa ada toko yg bisa melayani pembelian secara online? Mohon kalau ada infonya ya.. Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  25. mba susan mohon info dan balasannya yahh lagi cari tempat/tangan pertama langsung pabrik
    1.untuk tas lokal cewe yg biasa dijual di pasar/mall 45-60 lagi cari tempat yg harga dibawah itu kira2 dmn y mba
    2.kalo untuk sepatu lokal yg harga dibawah pasaran yg biasa di jual flat 20-30,wedges 50an,hightheel 70an
    3..boneka +baju anak yg super murah dmn y mbba..
    saya lg cari harga dibawah yg saya sebutkan tadi mba yg dibwh hrg pasar,,mohon info n ditunggu balasannya,,makasih mba susan cantik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Susan...saya Rani dari Medan...mohon info pedagang taplak meja sekaligus penjahitnya di tanah abang ada mbak....krn saya hendak jual lagi di medan....

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  26. mbak susan, mau tanya dongg kalau mau beli kain jersey motif biasa untuk gamis dimana yaa yyg bagus

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum mba, baru nemu, infonya sangat bermanfaat, sy jd banyak tau lagi ttg tanah abang, kalo sy boleh tau di pasarbukit tanah abang yg jual barang2 sisa import merk2 brandet seperti zara, h&m di bagian mana nya yaa mba? Sekirany mba tau & satu lagi kalo di tanah abang yg jual manekin atau perlengkapan display toko yg lengkap dimana mba? Makasih untuk infonya, salam mba :)

    ReplyDelete
  28. Mba Susan, salam kenal..
    Blog nya informatif banget, smp betah saya :)
    Kira2 klo beli bahan untuk dibuat perlengkapan bayi spt bedong, popok dll di sebelahmananya tanah abang ya mba? mungkin mba punya channel yg recomended.
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. Mba saya indah dari bpp , saya punya rencana untuk buka usaha hijab syari .. Bisa rekomendasikan dimana beli kain wolvis,cerutty,chiffon dan satin yg murah ? Dan konveksi atau penjahit borongan yang biaya jahitnya murah ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba saya ririn posisi saya di sidoarjo kebetulan saya buat baju gamis,kerudung,mukena mungkin bila mbak berkenan kita bisa kerjasama

      Delete
    2. Mba saya ririn posisi saya di sidoarjo kebetulan saya buat baju gamis,kerudung,mukena mungkin bila mbak berkenan kita bisa kerjasama

      Delete
  30. Hai mada , salam kenal
    Infonya bermanfaat banget.
    Saya ada rencana mau buat usaha baju boneka. Kira2 mbak ada kenalan atau tau tukang jahit yg terima jahitan baju boneka bisa infokan ke saya? Terima kasih

    ReplyDelete
  31. Hi mba susan sy Anna. Toko yg jual kain Rubiah impor dimana. Sy kan jauh dr tuh abang. Ada contact person atau wa gak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Desy, untuk beli kain Rubiah yg masih meteran bisa kontak saya di WA 08561786586 ya ^-^ terimakasih

      Delete
  32. hai mba susan kalo beli bahan kanvas poliyester dimna yah ?

    ReplyDelete
  33. Mbak ambar anda bisa cari di jonggol soalnya banyak di sana yang paling murah ampe yang lengkap,,,saya udah borong 9 truck bahan itu mbak...salam kompak yah!!!!!!

    ReplyDelete
  34. Mhon di sampaikan kepada teman2 pemain garment(barang sisa export) dan Kompeksi,Kami PT TARUSAN JAYA LAUBDRY yg bertempat di Rawa badak utara tajung priuk (dibelakang pasar ular plumpang) siap melayani washingan Garmen,bliet,bio,pewarnaan pakaian,distro,helmet dan lain,dengan menjaga kwalitas dan hasil yg bagus,team kami bekerja dengan cepat dan penuh kehati2an selalu mengutamakan kepuasan konsumen dan kerjasama yg saling menguntungkan.besar harapan kami bisa bekerja sama dan atas perhatianny kami ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  35. Mhon di sampaikan kepada teman2 pemain garment(barang sisa export) dan Kompeksi,Kami PT TARUSAN JAYA LAUBDRY yg bertempat di Rawa badak utara tajung priuk (dibelakang pasar ular plumpang) siap melayani washingan Garmen,bliet,bio,pewarnaan pakaian,distro,helmet dan lain,dengan menjaga kwalitas dan hasil yg bagus,team kami bekerja dengan cepat dan penuh kehati2an selalu mengutamakan kepuasan konsumen dan kerjasama yg saling menguntungkan.besar harapan kami bisa bekerja sama dan atas perhatianny kami ucapkan terima kasih hp 081286956626 pin 2925bcf0

    ReplyDelete
  36. Tks infonya mba susan cantik, useful bgt deh buat aku yg newbie dlam soal sewing.
    Semoga sehat slalu ya, ditunggu info2 brunya :)

    ReplyDelete
  37. Tks infonya mba susan cantik, useful bgt deh buat aku yg newbie dlam soal sewing.
    Semoga sehat slalu ya, ditunggu info2 brunya :)

    ReplyDelete
  38. Mbak susan salam kenal, mohon info untuk beli bahan jersey motif yg koleksinya lengkap di toko apa ya... Maaf soalnya belum pernah ke tanah abang takut daripada nyasar2 tak tunggu infonya ys mbak

    ReplyDelete
  39. Mbak susan salam kenal, mohon info untuk beli bahan jersey motif yg koleksinya lengkap di toko apa ya... Maaf soalnya belum pernah ke tanah abang takut daripada nyasar2 tak tunggu infonya ys mbak

    ReplyDelete
  40. Hai mbak, mohon info toko yg jual kain kanvas motif yg paingvlengkao koleksi dan murmer di toko apa ya? Apa bisa jual online? Krn posisi saya di malang. Terima kasih.

    ReplyDelete
  41. Hi Susan..

    kalau toko bahan yg menjual berbagai macam jenia bahan satin, ada rekomendasi kah?

    ReplyDelete
  42. Mas syah bandar, klo berkenan mohon diinfokan alamat/kontak person penjual Kain kanvas yg di jonggol. Salam sukses 😊

    ReplyDelete
  43. Mas syah bandar, klo berkenan mohon diinfokan alamat/kontak person penjual Kain kanvas yg di jonggol. Salam sukses 😊

    ReplyDelete
  44. dear mbak susan

    aq buka clothing distro
    mau tanya tmpt beli katun bamboo yg murah dmna ya mbak ?
    ada link vendor konveksi dan sablon profesional yang mau ngrjain jika bahan dr kita ? 57F301D0 ini pin BB aq ..
    mohonn info nya
    terimakasih

    ReplyDelete
  45. Mba susah salam kenal
    Saya mau nanya kalau cari bahan kemeja flanel yg murah dan brekualiatas dimana ya?bekasi jakarta dan sekitarnya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  46. Hallo mbak susan.. sy mau tanya yg jual bahan kain batik dan brukat itu di blok apa ya? Trimakasih.....

    ReplyDelete
  47. Hallo mbak susan.. sy mau tanya yg jual bahan kain batik dan brukat itu di blok apa ya? Trimakasih.....

    ReplyDelete
  48. Hallo mbak,informasinya lengkap banget. Boleh ikutan tanya ? Kalau kain linen import, ada gak ya di Pasar Tanah Abang? Bisa di share alamatnya? Thank you infonya.

    ReplyDelete
  49. yg butuh bahan jet black.bahan tuis or bahan nikita dril nakamura dril cocok untuk seragam sekolah dan jas or pakaian dinas..,
    monggo tlp di 081221755998

    ReplyDelete
  50. yg butuh bahan jet black.bahan tuis or bahan nikita dril nakamura dril cocok untuk seragam sekolah dan jas or pakaian dinas..,
    monggo tlp di 081221755998

    ReplyDelete
  51. hai mbak susan, saya mau buka usaha jual alat-alat jahit nih, ada rekomendasi toko grosir yang murah gak di tanah abang, tq, 081377699134

    ReplyDelete
  52. Kami SUPPLIER BAHAN KAIN untuk gamis, khimar, jilbab, dress dll dg motif terbaru bisa pesan di kami ya Wa 081385556385 http://www.instagram.com/zaaratextile/

    ReplyDelete
  53. mbak saya mau buka usaha jualan pakaian anak2,dewasa,dan ibu lain2 tolong kirim infonya buat toko grosir tanah abangnya dunk,085357589990

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba salam kenal, saya juga lagi cri cari distributor utk baju anak anak.. apa mba skrg sudah dapat?
      mohon infonya ya mba
      makasih

      Delete
  54. Kalau u/ bahan handuk u/ buat souvenir, ada d blok apa ya..

    ReplyDelete
  55. Hi Susan kalau untuk cari bahan american drill 1668 bisa dimana yah, thanks

    ReplyDelete
  56. Kalau kain linen import, ada gak ya di Pasar Tanah Abang? Bisa di share alamatnya? Thank you infonya.

    ReplyDelete
  57. Hi mba susan mau tanya info kalau toko kain yg jual bahan scuba dimana ya? Thanksss for info

    ReplyDelete
  58. Mbak,mohon info toko eceran resleting jeans YKK di psr pagi asemka..tq

    ReplyDelete
  59. Bu susan sya mau tanya ada table cloth sama skerting juga tidak ya buat keperluan meja bufe,makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  60. PT.GOLDEN INDAH PRATAMA, adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK). Baik via laut maupun via udara yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door Undername Import , Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.
    Tujuan kami adalah untuk menawarkan pelanggan kepuasan dan kepercayaan pada saat mereka melakukan pengiriman udara bersama kami, Jaringan bisnis memungkinkan kami untuk menyediakan tabungan kepada pelanggan kami. Jaringan kami di seluruh dunia memberikan bantuan profesional dari titik asal ke titik pengiriman, sesuai dengan harapan pelanggan kami, Kami telah fokus pada pengembangan jaringan global terpadu angkutan untuk setiap bagian dari dunia, lebih cepat dan lebih aman dibandingkan dengan perusahaan lain.
    Melalui jaringan ini, kami menawarkan pelanggan efisiensi biaya, metode transportasi canggih, tenaga kerja lokal yang profesional dan ketersediaan dari perusahaan kami sebagai berikut :
    Air Freight
    Under Name Import (Perusahaan)
    Customs Clearance Import (Resmi)
    Customs Clearance All-In Import (Borongan)
    Customs Clearance Door To Door Import
    Domestics ke seluruh indonesia
    Adapun Operasional perusahaan kami Import customs clearance service :
    – Di Pelabuhan Tg Priok ( Jakarta )
    – Di Bandara Soekarno – Hatta
    – Di Pelabuhan Tg Perak ( Surabaya )
    – Di Pelabuhan Tg Emas ( Semarang )
    Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Service lain, diperkuat dengan MOU Bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.
    Upaya ini telah memberikan perusahaan kami kepercayaan luar biasa dari pelanggan dan jauh lebih baik dari ratusan perusahaan, kita memperlakukan setiap pengiriman pelanggan kami secara individual dan menjamin pelanggan kami informasi yang lengkap dan perawatan profesional mengingat setiap pengiriman adalah prioritas. Konsep ini membantu kita mempercepat pengiriman pelanggan kami sesuai jadwal, Jaringan luas profesional yang berpengalaman yang menyediakan koneksi global yang fleksibel. Hal ini memungkinkan kita untuk merespon secara khusus persyaratan pengiriman pelanggan kami.

    Golden cargo your import solution….
    AMAN – CEPAT - MURAH

    PT.GOLDEN INDAH PRATAMA
    IRFAN
    082274217926
    081311353634
    irfanimport93@gmail.com
    jl.Raya Otista 141,Kel.Bindaracina,Kec.Jatinegara,Jakarta Timur

    ReplyDelete
  61. Mbak susan mau tanya kalo mau beli aksesoris untuk menjahit kayak rEnda2,aksesris payet yg uda jd tinggal dipasang di baju, rendda brokat iituu di mana ya? Kalo beli online apa melayani?

    ReplyDelete
  62. Hallo mba, bisa minta kontak nya mba ga? Mau tanya tanya nih

    ReplyDelete
  63. Mohon info nya untuk jual kain sofa bagus yg lengkap. Thanks

    ReplyDelete
  64. Hallo mba, untuk kain wolvis dan cotton silk ada di blok F ya? Dan skrg harganya kisaran berapa ya mba perkilo nya. Mohon infonya trims:)

    ReplyDelete
  65. Salam kenal....klo untuk pakaian dalem anak dan dewasa yg murah di blok apa y Mba buat dijual lgi.trims

    ReplyDelete
  66. Salam kenal....klo untuk pakaian dalem anak dan dewasa yg murah di blok apa y Mba buat dijual lgi.trims

    ReplyDelete
  67. Kami NUSA EXPRESS dengan senang hati menawarkan / memberikan jasa pengiriman barang dengan tujuan utama kami menjalin kerjasama dengan Bapak/Ibu dalam hal pengiriman barang karena kami merupakan salah satu perusahaan yang bergerak khusus di bidang jasa pengiriman barang.

    Kami menawarkan kepada Para Importir untuk menggunakan Jasa kami karena kami akan memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan.

    NUSA EXPRESS spesialis menangani pengiriman barang import ke Indonesia (Jakarta) via udara dan laut khusus dari China (Guangzhou) kita menggunakan FCL (Full Container Loading) dan LCL (Less Container Loading).

    Untuk Informasi lebih lanjut harga dan prosedur pengiriman barang silahkan hubungi kami

    di e-mail : aliminli80@gmail.com
    atau dapat juga menghubungi kantor kami di 081807044338 (minli)

    DIRECT GUANGZHOU-JAKARTA

    COMODITY

    * NON GARMENT

    - By Sea (3-4 Minggu) : Rp. 3.500.000,-/M3

    - By Air (5-6 Hari Kerja) : Rp. 130.000,-/Kg

    * GARMENT

    - By Sea (3-4 Minggu) : Rp.4.300.000,-/M3

    - By Air (5-6 Hari Kerja) : Rp.140.000,-/Kg

    * Textile
    - By Sea (3-4 minggu): Rp.5.300.000,/M3
    - By Air (5-6 Hari Kerja) : Rp.150.000,-/Kg

    Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, kebanggaan bagi kami apabila kami dapat bekerjsama dengan Bapak/Ibu, apabila ada yang kurang dimengerti dengan senang hati kami akan siap membantu. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

    Hormat Kami,

    NUSA EXPRESS Kargo

    Minli

    alamat jakarta : Ruko City Resort Resident Cluster Malibu, blok H/5, Cengkareng

    Mobile :081807044338

    E-mail : aliminli80@gmail.com

    Kami menunggu responds positive dari Bapak/Ibu

    ReplyDelete
  68. Pagi Mba Susan, terima kasih infonya. Ini artikel terlengkap dari semua artikel yg saya baca. Kebetulan saya lg cari resleting no.3 yg meteran, saya sdh cari di blok A dan mangga dua tp tidak ketemu2 resleting no.3. Bisa rekomendasiin toko yg jual resleting no.3 meteran paling lengkap mbak? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  69. Salam kenal mba Siska dan rekan yg lain dari saya Muhlis di Makassar. Mohon info toko penjual kain dan assesories boneka.

    ReplyDelete
  70. Hallo mbk Susan sakam kenal ya tolong di bantu kalau untuk beli kelengkapan tas, seperti strap atau jijijngan tas2 sovenir bahan dari kain atau nylon di mana ya. Di Tanahabang.

    ReplyDelete
  71. Hallo mba susan, mau nanya ni klu nyari bahan jas semi wool yg murah dlm jumlah besar dibagian mana ya mba ? Trimksh sebelumnya

    ReplyDelete
  72. Halo mba..sy mau ny kl grosir alat lat konveksi yg paling murah di blok mana ya,btw sy mau bk toko alat konveksi mksh

    ReplyDelete
  73. saya punya usaha tailor non garment, di Parung-Bogor,saya ingin mencari orderan jahitan borongan, di Tanah Abang bisa saya dapatkan di mana ya mbak , mohon pencerahannya. trimakasih

    ReplyDelete
  74. Hello All,

    Bisa info di mana bisa beli kain Greige/grey denim sekitar 6-7 oz ( yg blm di wash bener2 bahan dasar nya ),. saya cari tidak ktmu di mana-mana , jika ada mohon kirim ke email hello@askalabel.com

    ReplyDelete